Categories
Wawasan Umum

7 Jenis Visa dan Fungsinya Ini Wajib Kamu Bedakan, Ya!

Untuk kamu yang ingin bepergian ke luar negeri, terutama ke negara yang tidak bebas visa, sudahkah kamu membuat visa?

Visa adalah dokumen perizinan bagi seseorang yang ingin melakukan perjalanan antar negara. Beberapa negara mengharuskan warga negara asing menyertakan visa ketika berkunjung ke negaranya.

Nah, visa itu ada banyak macamnya. Jenis visa tergantung aktivitas yang akan kamu lakukan di luar negeri. Berikut adalah 8 jenis-jenis visa serta kegunaannya.

1. Visa bisnis

Visa ini memungkinkan kita tinggal agak lama di negara tujuan karena mengurus keperluan perusahaan. Dengan visa bisnis, kamu akan memperoleh kemudahan saat melakukan perjalanan bisnis ke negara tujuan, misal keperluan mengikuti seminar, perjanjian dengan perusahaan lain, dan lain sebagainya.

2. Visa wisata

Jika kamu sering berpergian ke luar negeri, kamu wajib memiliki visa ini. Kalau sudah punya visa jenis ini kamu boleh masuk ke hampir semua negara tujuan di dunia. Visa jenis ini adalah visa yang paling banyak dibuat oleh orang-orang. Masing-masing negara punya persyaratan sendiri dalam proses pembuatan visa wisata.

3. Visa studi

Jenis visa ini adalah visa yang digunakan oleh para pelajar yang ingin kuliah ke luar negeri. Visa ini berlaku selama masa pendidikan masih berjalan, termasuk saat masa liburan.

4. Visa kerja

Visa ini memiliki jangka waktu yang cukup lama. Visa kerja diperuntukkan untuk orang-orang yang bekerja di negara lain. Visa kerja memiliki berbagai jenis yaitu kerja sementara, kerja semi-permanent dan kerja permanent. Visa kerja bisa menjadi salah satu cara memperoleh izin tinggal tetap. Namun, visa kerja bisa jadi hanya berlaku selama kontrak kerja berlangsung dan tidak bisa diperpanjang.

5. Visa pertukaran pelajar

Jenis visa ini untuk para pelajar yang mengikuti program pertukaran pelajar. Masa berlakunya sesuai dengan berlangsungnya program pertukaran. Biasanya pembuatan visa ini akan dibantu oleh pihak penyelenggara pertukaran pelajar.

6. Visa on Arrival

Kamu tidak perlu repot dari jauh-jauh hari untuk membuat visa ini karena bisa kamu bisa mendapatkannya ketika kamu sudah masuk suatu perbatasan negara, bisa di pelabuhan, bandara, atau jalan biasa. Visa on arrival biasanya berlaku di negara-negara yang memiliki hubungan baik dengan Indonesia.

7. Visa Transit

Visa ini digunakan untuk transit di sebuah negara sebelum sampai di negara tujuan. Penggunaan visa transit ini rata-rata hanya boleh di sekitar bandara transit. Jika keluar dari itu, maka kamu harus menggunakan visa jenis lain. Umumnya ada dua jenis visa transit yaitu airport transit visa dan transit visa. Airport transit visa hanya berlaku di bandara tempatmu transit. Transit visa berlaku di seluruh tempat negara tempatmu transit. Jadi, kamu bisa jalan-jalan ke luar selama jangka waktu tertentu sampai kamu melakukan penerbangan selanjutnya.

Categories
Kampus Terbaik

5 Kampus di Amerika Ini Tawarkan Kuliah Online! Kamu Tertarik?

Kamu mau dapat gelar dari perguruan tinggi tapi terkendala waktu dan tempat? Tahukah kamu kalau di beberapa perguruan tinggi di Amerika Serikat sudah menyediakan berbagai program untuk kuliah online?

Kuliah online memberikan fleksibilitas sehingga semua mahasiswa tetap bisa mengejar gelar pendidikan mereka sambil bekerja atau melakukan rutinitas sehari-hari dari jarak jauh.

Buat kamu yang tertarik untuk dapat gelar dari kuliah online, 5 kampus di Amerika ini bisa kamu jadikan bahan pertimbangan.

1. University of New Mexico

Di UNM, mahasiswa bisa mengakses materi kuliah sekaligus berinteraksi dengan teman melalui beragam teknologi multimedia. Durasi program kuliah onlinedi kampus ini adalah sekitar 8 minggu. Program-program kuliah online di UNM disampaikan lewat sistem manajemen pembelajaran yang canggih. Meskipun fleksibel, mahasiswa bisa mendapat kelulusan seperti perkuliahan biasa. Mahasiswa mengakses isi program kuliah dan berinteraksi dengan teman sekelas lewat berbagai teknologi multimedia.

2. University of Oregon

Kuliah jarak jauh University of Oregon terakreditasi oleh Notwest Commision on Colleges and Universities (NWCCU). Program online disampaikan melalui sistem manajemen program Canvas, tapi mahasiswa juga perlu ikut ujian langsung dan diawasi. Perhitungan SKS dan penjadwalan dalam perkuliahan ini sama dengan perkuliahan pada umumnya.

3. The Ohio State University

Kampus ini memiliki pencapaian akademik bagus dan laboratorium terlengkap di Amerika. Bahkan OSU online diperingkatkan dalam salah satu Program Online Sarjana Terbaik versi US News and World Report. Dosen-dosen menyiapkan mahasiswa untuk menyelesaikan masalah krusial dan menempatkan mahasiswa dalam kelompok dengan peminatan yang sama.

4. University of Florida

Sebagai sebuah institusi yang siap menantang cara lama, University of Florida menyediakan program kuliah online yang fleksibel dan nyaman. Beberapa mahasiswanya bahkan bisa berpartisipasi dalam kompetisi nasional sekaligus menjadi tuan rumah. Kampus ini menjadi sebuah institusi yang berjuang untuk memberikan dampak positif dengan mengukur berapa banyak orang yang terbantu dan seberapa banyak peningkatan kualitas hidup.

5. Pennsylvania State University

Perkuliahan online di kampus ini memiliki kurikulum yang fleksibel dan para dosen yang terkenal membuat mahasiswa dapat berkembang di lingkungan digital yang suportif. Kurang lebih ada 150 program gelar yang ditawarkan di universitas ini. Lulusan kampus ini terkenal sebagai perintis dan pendobrak di dunia kerja. Banyak keahlian yang diperoleh dari pengalaman online dan mereka tidak segan menerapkannya di lingkungan kerja.

 

Categories
Tips dan Trik

Begini Cara Menghemat Pengeluaran dan Menambah Penghasilan Selama Kuliah!

Kalau kamu mahasiswa perantauan, pasti pernah merasakan susahnya mengelola pengeluaran. Kadang ada keperluan tak terduga yang bikin pemasukanmu tidak sebanding dengan pengeluaran. Kalau uang bulanan rutin dikirim tiap di bulan sih ga masalah, tapi kalau tiba-tiba kiriman mogok di awal bulan gimana, tuh?

Saat kamu kuliah ke luar negeri yang biaya hidupnya sepuluh kali lebih banyak dari kuliah di dalam negeri tentu kamu akan selalu dituntut untuk berhemat. Yuk, coba ikuti beberapa tips di bawah ini agar uangmu tidak terbuang untuk sesuatu yang sia-sia:

1. Miliki kartu transportasi!

Kartu transportasi akan sangat membantumu menghemat pengeluaran. Biasanya pemilik kartu transportasi akan mendapatkan diskon ketika bepergian dengan transportasi umum.

2. Bawa kartu mahasiswa kemanapun!

Di beberapa negara, biasanya ada restoran atau toko yang memberikan diskon kepada mahasiswa yang berbelanja di tempat mereka. Kartu mahasiswa akan sangat berguna ketika kamu pergi ke tempat-tempat seperti itu. Nah, jangan sampai kamu menyia-nyiakan peluang ini ya!

3. Jalan kaki!

Kalau tempat tinggalmu dekat dengan kampus, kamu bisa menghemat pengeluaran dengan berjalan kaki. Selain sehat dan mengurangi polusi, kamu juga bisa terhindar dari macet.

4. Ikut seminar gratis!

Kamu bisa mengikuti seminar yang tidak berbayar yang diadakan di lingkunag akademikmu atau di luar. Kadang pihak penyelenggara memberikan makanan gratis untuk pesertanya. Selain dapat ilmu, kamu juga bisa menghemat pengeluaran untuk makan siang.

5. Beli barang di pasar lokal!

Untuk menyiasati membengkaknya pengeluaran, kamu bisa membeli barang di pasar lokal. Harga barang di pasar lokal biasanya lebih murah daripada di swalayan. Kalau kamu pandai memilih, kamu juga akan mendapatkan barang yang kualitasnya tidak kalah bagus dengan barang di swalayan dan mall.

6. Berpartisipasi mengisi survei!

Biasanya para penyelenggara survei akan memberikan insentif untuk kamu yang mau berpartisipasi mengisi survei. Insentif tersebut bisa berupa uang, voucer belanja, dan lain-lain. Nah, jangan sampai kamu menyia-nyiakan kesempatan ini ya karena selain kamu dapat manfaat, kamu juga dapat pahala karena membantu orang lain!

Categories
Jurusan Kuliah

Jurusan Kuliah yang Cocok buat Kamu yang Suka Bicara!

Siapa nih yang suka banget bicara di depan orang banyak? Supaya bakatmu bisa tersalurkan dengan baik, tidak ada salahnya kamu mempertimbangkan beberapa jurusan yang cocok dengan karaktermu.

1. Ilmu Komunikasi

Sudah tidak perlu diragukan lagi, jurusan ini merupakan tempatnya orang-orang yang pandai berbicara. Dalam jurusan ini kamu akan mempelajari bagaimana mengkomunikasikan sesuatu dengan cara yang tepat dan efektif. Tapi jangan bilang jurusan ini cuma bisanya ngomong doang ya! Komunikasi itu ada banyak macamnya, mulai dari komunikasi intrapersonal, interpersonal, komunikasi kelompok, organisasi dan komunikasi massa.

2. Ilmu Hukum

Untuk kuliah di jurusan ini, kamu memerlukan skill komunikasi yang baik. Jurusan ini mempelajari segala hal yang berhubungan dengan hukum di Indonesia. Kalau nantinya kamu bercita-cita menjadi pengacara, kamu dituntut untuk pandai berbicara. Untuk jadi pengacara yang baik, kamu tidak hanya memerlukan kemampuan komunikasi yang baik tapi juga analisis dan pemahaman.

3. Hubungan Internasional

Ilmu HI muncul dari sebuah upaya memahami berbagai penyebab perang dan perdamaian dalam politik internasional. Hubungan internasional mempelajari hubugan diplomasi satu negara dengan negara yang lain, tapi juga tentang konflik, kesejahteraan, ekonomi, dan perdamaian dunia.Prodi ini cocok untuk kamu yang memiliki skill komunikasi yang baik dan punya minat di bidang diplomasi dan politik internasional.

4. Pendidikan Guru

Jurusan pendidikan guru bisa kamu jadikan opsi jika kamu punya keahlian mengajar. Dalam jurusan ini kamu akan belajar bagaimana berinteraksi dengan murid yang jumlahnya sangat banyak dan bagaimana menciptakan suasana pembelajaran yang menarik. Kamu juga akan belajar bagaimana membuat kurikulum pembelajaran. Jurusan ini cukup digemari oleh beberapa pelajar Indonesia belakangan ini.

5. Hubungan Masyarakat

Buat kamu yang suka berorganisasi, supel, dan suka menulis, jurusan Humas cocok kamu jadikan opsi karena kuliah di jurusan ini mengharuskan kamu memiliki kepribadian yang menyenangkan dan dekat dengan orang. Hubungan masyarakat mempelajari bagaimana membentuk dan memelihara citra suatu organisasi/ perusahaan di tengah masyarakat. Tugas Humas adalah membentuk dan memelihara citra sebuah organisasi/ perusahaan. Selain itu, Humas adalah perantara komunikasi antara organisasi dengan orang di luar organisasi seperti masyarakat, pemerintah, atau investor.

 

Categories
Kampus Terbaik

5 Kampus Terbaik di Korea Versi QS Rank 2019!

Korea Selatan semakin menunjukkan sambutan yang baik untuk para pelajar asing yang ingin belajar disana. Ini dibuktikan dari kualitas kampus yang semakin baik dan tidak kalah bergengsi dari kampus-kampus di United States dan Jepang. Buat kamu yang berencana kuliah di Korea Selatan, berikut ini adalah beberapa kampus terbaik yang bisa kamu pilih:

1. Korea Advanced Institute of Science & Technology (KAIST)

KAIST merupakan kampus terbaik yang dinobatkan sebagai kampus peringkat 1 oleh QS Rank 2019. KAIST unggul di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Kampus ini didirikan pada tahun 1971 dan memiliki tujuan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. KAIST berlokasi di Daehak-ro, Yuseong-gu, Korea Selatan. Kampus yang memiliki 4 kampus dan 1 akademi ini menawarkan beasiswa untuk mahasiswa asing tiap tahun melalui skema beasiswa KAIST.

2. Seoul National University

Seoul National University adalah universitas negeri terkemuka di Korea yang berdiri pada tahun 1946. Lebih dari 30 ribu mahasiswa internasional belajar di kampus ini. Kampus SNU sendiri terdiri dari kampus sarjana, pascasarjana, serta sekolah profesional.  SNU menyediakan pendidikan bereputasi global ini menyediakan perkuliahan berbahasa Inggris. Kampus SNU merupakan salah satu kampus terbaik di Asia yang saat ini menempati rangking 35 terbaik di dunia atas acuan QS World University Rangkings. Program unggulannya diantara lain olahraga, teknik kimia, teknik dan teknologi, sosial politik, teknik elektro, teknik mesin, ilmu alam, farmasi dan masih banyak lagi.

3. Korea University

Korea University merupakan salah satu kampus negeri di bawah naungan kementerian pendidikan Korea Selatan. Kampus ini berdiri di tahun 1905 dan menjadi salah satu universitas terbesar dan terbaik di Korea Selatan. Korea University terdiri dari 81 departemen, 15 sekolah tinggi, dan 75 lembaga penelitian. Total mahasiswa yang sedang berkuliah di kampus ini mencapai 30.000 orang mencakup program sarjana, magister, dan doktoral.

4. Sungkyunkwan University (SKKU)

Universitas yang berdiri pada tahun 1398 ini memiliki motto “kemanusiaan, kebenaran, kesopanan, dan kebijaksanaan”. Keempat unsur tersebut merupakan kebajikan utama pada manusia yang dibawa sejak manusia lahir. Kampus ini telah memainkan peran dalam banyak hal mulai dari pengembangan alphabet ninja Korea sampai pengajaran konfusianisme, filosofi sosial yang mendasari masyarakat Korea modern. Kampus SKKU memiliki 2 kampus terpisah: kampus ilmu humaniora dan ilmu sosial di Seoul Pusat dan kampus sains di Suwon. Ada kurang lebih empat sekolah menawarkan gelar di tingkat sarjana dan dua belas sekolah menawarkan gelar tingkat magister dan doktor.

5. Yonsei University

Yonsei University adalah sebuah kampus Kristen privat yang berlokasi di Seoul. Kampus ini menduduki peringkat 107 dunia dan peringkat 19 di Asia. Kampus Yonsei adalah salah satu dari tiga kampus bergengsi di Korea Selatan setelah Seoul University dan KAIST University. Kampus Yonsei telah menghasilkan lulusan terkenal di bidang politik, hukum, fisika, teknik, sastra, akademik, dan seni. Kampus yang berdiri pada tahun 1885 ini memiliki sekitar 24.000 siswa dan 3500 di antaranya adalah mahasiswa internasional.

Categories
Beasiswa

5 Beasiswa untuk Studi ke Jerman yang Jarang Dilirik Pelajar Indonesia!

Sudah tidak diragukan lagi kalau universitas di Jerman telah melahirkan orang-orang dan penemu hebat di dunia. Hal ini yang menjadi daya tarik mahasiswa internasional untuk kuliah disana terutama kuliah di bidang teknik dan sains.

Pemerintah dan lembaga independen Jerman mendukung mobilitas mahasiswa internasional dengan memberikan beberapa beasiswa untuk pelajar asing. Berikut adalah beberapa beasiswa yang bisa kamu perjuangkan untuk kuliah ke Jerman dan belum banyak diketahui oleh pelajar asing.

1. Development-Related Postgraduate Course (EPOS)

Beasiswa ini ditujukan untuk program pasca sarjana. Beasiswa ini ditujukan untuk calon profesional muda dari negara berkembang. Syarat yang harus dimiliki adalah kamu harus memiliki ketertarikan di bidang pembangunan dan mendukung proses perubahan di lingkungan pribadi.

2. Master’s Scholarship for Public Policy and Good Governarce (PPGG)

Target PPGG adalah mahasiswa dari Afrika, Amerika Latin, Asia Selatan, Asia Tenggara dan negara-negara Timur Tengah. Beasiswa penuh untuk program magister ini ditujukan menyaring para pemimpin masa depan yang sesuai dengan prinsip-prinsip Kebijakan Publik dan Good Governance. Kamu tidak perlu memiliki pengalaman kerja untuk mendapatkan beasiswa ini.

3. Sustainable Water Management: Study Scholarship and Research Grants for Foreigner

Sama dengan EPOS, beasiswa penuh ini ditujukan untuk program pascasarjana (Master dan PhD). Beasiswa ini ditargetkan untuk mahasiswa di negara-negara tertentu, salah satunya adalah Indonesia. Bidang studi yang harus diambil adalah mengenai air dan energi.

4. Kurt Hansen Science Scholarship

Beasiswa ini ditujukan untuk kamu yang mau belajar dan berkarir di bidang sains. Beasiswa ini didanai oleh Bayer Foundation. Kamu bisa mengajukan beasiswa untuk pendanaan proyek, magang, pelatihan pengajar sains, semester musim panas, dan lain-lain.

5. Heinrich Boll Scholarships

Seperti namanya, beasiswa ini diberikan oleh Heinrich Boll Foundation. Pendaftaran beasiswa Heinrich Boll rutin dibuka tiap tahun dalam dua gelombang.  Beasiswa ini dibuka untuk kamu yang ingin kuliah di jenjang master. Syaratnya adalah kamu harus menyelesaikan program sarjana dan memiliki kemampuan dalam bahasa Jerman.

Siapa nih yang mau coba peruntungan mendaftar beasiswa di atas? Yuk matangkan persiapkan dari sekarang dengan ikut kelas Germany Fun Club Inspira Solution atau gabung dalam workshop bimbingan kuliah ke luar negeri di kotamu. Untuk mendaftar bisa klik disini.

Categories
Wawasan Umum

Ini Dia Keuntungan Mengambil S2 di Bidang yang Linear dengan S1!

Beberapa di antara kamu yang sudah lulus S1 pasti punya keinginan melanjutkan kuliah S2 di bidang yang berbeda dengan bidang S1. Alasan yang paling sering muncul adalah karena tidak terlalu tertarik dengan bidang studi yang diambil dan ingin belajar hal lain.

Buat kamu yang berkeinginan untuk mengambil jurusan studi S2 yang tidak linear dengan S1, sebaiknya pertimbangkan lagi beberapa hal berikut supaya tidak merasa salah mengambil langkah.

Memudahkan proses belajar

Program studi yang linear dari jenjang sarjana ke pascasarjana tentu akan memberikan beberapa keuntungan buat kamu. Salah satunya adalah memudahkan kamu saat proses belajar. Biasanya mata kuliah yang diajarkan saat jenjang pascasarjana akan berkesinambungan dengan mata kuliah saat sarjana. Kamu akan mempelajari sesuatu secara spesifik di jenjang sarjana. Jika kamu mengambil program studi yang tidak linear dengan apa yang kamu pelajari saat S1 tentu kamu akan belajar teori-teori dasar dari awal. Biasanya ada semester matrikulasi di awal perkuliahan jika kamu ingin mengambil studi yang tidak linear. Jadi, kamu akan mengambil waktu lebih lama untuk kuliah di bidang yang tidak linear daripada di bidang yang linear.

Bisa melanjutkan riset saat jenjang sarjana

Keuntungan lainnya, kamu bisa melanjutkan penelitianmu saat sarjana di jenjang selanjutnya. Jadi kamu tidak perlu repot-repot mencari topik penelitian lain. Ketika kamu mengambil studi yang linear, kamu bisa melakukan penelitian berdasarkan metode yang tepat dan terarah. Kematangan teori yang kamu miliki sudah terasah dan kajian penelitian juga akan semakin dalam. Saat kamu memilih bidang studi yang tidak linear, kamu harus belajar teori dasar dari awal kemudian baru bisa menemukan persoalan untuk diteliti. Tentu kamu akan butuh waktu lebih lama untuk menyelesaikannya. Program studi linear akan membantumu belajar sesuatu secara utuh. Hal ini akan memudahkanmu menemukan kebaruan sesuatu. Kamu pun akan berpeluang menjadi ahli dalam bidang tersebut.

Berpeluang menjadi dosen/ pengajar

Dengan mengambil studi yang linear kamu juga akan punya peluang besar untuk menjadi dosen loh!

Menjadi dosen atau pengajar tentu membutuhkan keahlian di bidang tertentu. Seorang dosen yang mengambil bidang studi yang tidak linear tentu akan sulit memberikan mata kuliah yang seharusnya dia kuasai.

Nah, setelah baca tiga alasan di atas, apakah kamu masih ragu ambil bidang studi yang linear dengan bidang studi saat S1?

Categories
Wawasan Umum

Alasan Kenapa Kamu Harus Menjadikan Korea Selatan Sebagai Negara Tujuan Studi!

Negeri gingseng tampaknya menjadi salah satu negara yang menarik perhatian mahasiswa Indonesia. Tiap tahunnya, ribuan mahasiswa Indonesia merebutkan kursi kuliah ke Korea Selatan. Ini dia sederet alasan kenapa kamu harus melanjutkan studi ke Korea Selatan:

1. Pemerintah Korea ramah terhadap mahasiswa internasional!

Pemerintah Korea Selatan sudah mulai menunjukkan keseriusan untuk menyambut baik para mahasiswa dari berbagai belahan dunia. Keseriusan ini bisa terlihat dari banyaknya beasiswa yang disediakan pemerintah maupun lembaga swasta untuk para mahasiswa asing yang ingin kuliah ke Korea. Jadi, kamu tidak perlu khawatir karena kamu akan mendapatkan fasilitas pendidikan yang setara dengan mahasiswa Korea lain.

2. Banyak universitas kelas dunia!

Beberapa universitas di Korea adalah universitas terbaik di dunia, seperti Seoul National University, Sungkyunkwan University, dan Yonsei University. Jangan khawatir dengan kualitas pendidikan disana. Lulusan kampus Korea Selatan sudah banyak berkiprah untuk industri internasional.

 

3. Budaya yang disiplin!

Budaya dan lingkungan di Korea Selatan yang keras dan disiplin akan mendorongmu menjadi seseorang yang profesional dan tahan banting. Di awal tentu kamu akan merasa sangat berat tapi percayalah kalau hal ini yang akan membentuk karaktermu yang sebenarnya.

4. Bisa bekerja paruh waktu!


Mahasiswa yang memiliki izin belajar selama 6 bulan diperbolehkan bekerja paruh waktu. Biasanya gaji yang didapatkan dihitung sesuai jam kerja. Hal ini tentu akan jauh lebih bermanfaat daripada kamu menyia-nyiakan waktu senggangmu dengan bersantai. Kamu bisa memakai uang gaji untuk ditabung atau beli sesuatu yang kamu inginkan.

5. Punya kesempatan ketemu idolamu!

Ini biasanya jadi salah satu alasan mahasiswa Indonesia kuliah ke Korea. Buat kamu kpopers, kesempatan untuk bertemu langsung idolamu akan semakin besar kalau kamu bisa kuliah ke negerinya langsung kan? Yuk jangan sia-siakan kesempatan belajar di Korea dengan berbagai beasiswa yang tersedia.

Inspira Solution juga membuka kesempatan untuk kamu yang mau bergabung dalam Whatsapp Fun Club Korea atau ikut bimbingan kuliah ke luar negeri di kotamu. Untuk mendaftar programnya silakan klik link ini.

Categories
Wawasan Umum

Alasan Kenapa Kamu Harus Berangkat Kuliah ke Amerika Serikat Segera!

Perguruan tinggi di Amerika Serikat memang selalu menawarkan kualitas terbaik untuk pelajar seluruh penjuru dunia yang menuntut ilmu disana. Kampus disana menawarkan peluang tiada banding dalam hal kreatifitas, fleksibilitas, dan pertukaran budaya. Semua siswa dari seluruh dunia berkontribusi secara substansial untuk kampus mereka dan untuk ekonomi AS.

Berikut adalah alasan mengapa kamu memang harus segera memilih Amerika Serikat sebagai negara tujuan studi:

1. Keunggulan di bidang akademis!

Sudah tidak diragukan lagi kalau kampus-kampus di Amerika memiliki prestige sendiri di mata dunia. Hampir semua kampus di Amerika menduduki peringkat terbaik dunia. Secara umum, gelar akademis dari Amerika diakui di seluruh dunia karena punya banyak keunggulan.

2. Pendidikan global dan prospek karir jangka panjang!

Banyak perusahaan yang mencari pekerja dengan keragaman pengetahuan, kemampuan beradaptasi yang baik, dan serta pengalaman multibudaya. Kuliah di Amerika adalah salah satu cara kamu bisa mendapatkan semua kualifikasi itu.

3. Banyak peluang pendidikan yang ditawarkan!

Amerika serikat adalah rumah bagi ribuan akademisi dunia. Kamu bisa memilih kampus yang menekankan pada penerapan prinsip akademis atau yang lebih menekankan penguasaan kemampuan vokasional. Sebagian kampus juga menekankan kemampuan di bidang seni, ilmu sosial, dan teknik. Ini berarti, ada banyak sekali pilihan program yang ditawarkan oleh kampus-kampus di Amerika.

4. Layanan pendukung bagi pelajar internasional!

Buat kamu yang baru saja datang dan perlu pendampingan, ada banyak layanan pendukung yang bisa membantumu. Kantor layanan khusus ini akan membantumu beradaptasi di lingkungan akademis baru selama kamu menjalani masa orientasi.  Selain itu, banyak program pascasarjana menawarkan peluang pelatihan dan pengajaran yang memungkinkan mahasiswa menjadi asisten dosen atau asisten peneliti di proyek riset. Kabar baiknya, hal ini tidak berlaku untuk mahasiswa lokal saja tapi juga mahasiswa internasional asalkan punya kapasitas.

Wah, siapa nih yang makin yakin mau kuliah ke Amerika Serikat?

Categories
Tips dan Trik

Tips Menghadapi Essay On The Spot LPDP!

Setelah kita lulus tahap seleksi administratif LPDP, tahap selanjutnya adalah tahap seleksi substansif yang terdiri dari On The Spot Essay Writing, Leaderless Group Discussion (LGD), dan wawancara.

Jika kamu pernah mengikuti les IELTS sebelumnya, tes esai LPDP tentu tidak akan terasa asing. Essay on the spot LPDP merupakan bagian dari tes writing IELTS bagian 2, yaitu menulis tulisan sepanjang 250 kata.

Paragraf pertama biasanya dimulai dengan pernyataan setuju atau tidak setuju terhadap suatu pandangan tertentu. Kasus-kasus yang diambil biasanya adalah kasus-kasus yang sedang hangat diperbincangkan belakangan ini.

Lantas apa saja yang sebaiknya disiapkan untuk menghadapi tes ini?

Berikut adalah hal-hal yang bisa kamu latih untuk menghadapi essay on the spot LPDP:

1) Update isu-isu nasional

Tema essay on the spot tidak akan jauh dari isu-isu nasional yang sedang hangat diperbincangkan. Simaklah pembicaraan-pembicaraan ahli di media massa dan bacalah berita-berita nasional agar kamu tahu isu-isu yang sedang diperbincangkan. Selain itu, seringlah membaca berita nasional berbahasa Inggris untuk memudahkanmu mencerna kosakata baru.

2) Latihan menulis

Kalau kamu sudah membaca berita-berita nasional, rangkumlah berita tersebut dan poin-poinnya secara garis besar. Perbanyaklah latihan menulis dan alokasikan waktu sebaik mungkin. Gunakan kata yang jarang dipakai dan usahakan jangan terlalu sering melakukan pengulangan kata.

3) Brainstorming

Brainstroming akan sangat berguna buat kamu karena kamu akan paham betul apa saja yang harus ditulis dalam tiap paragraf dengan rinci. Proses brainstroming akan membantumu mengidentifikasi masalah, menganalisis ide baru, dan menentukan penyelesaian atau alternatif pemecahan masalah.

4) Periksa ejaan

Sebelum kamu benar-benar mantap dengan hasil tulisanmu, periksa lagi ejaan dan susunan katanya. Hal ini akan membantumu meminimalisir kesalahan penulisan dan tentunya akan menaikkan bobot skor.