Categories
Tips dan Trik

Bagaimana Sih Sistem Penilaian IELTS?

Penilaian setiap tes kemampuan bahasa pasti memiliki perbedaan. Penilaian IELTS tentu berbeda dengan TOEFL atau TOPIC. Penilaian tes IELTS menggunakan sistem band score dengan skala 1 sampai 9. IELTS memiliki sistem penilaian yang cukup unik, yaitu pembulatan ke arah atas setiap 0,5 poinnya. Misalnya ketika kamu memiliki skor 5.3 Skor kamu akan dibulatkan menjadi 5.5. Untungnya, tidak ada pengurangan skor ketika jawaban kamu salah. Setiap section dalam tes IELTS memiliki mekanisme penilaian yang berbeda-beda.

Untuk sistem penilaian dalam listening dan reading, setiap jawaban yang benar akan mendapatkan 1 poin. Total dari poin nantinya akan dikonversi ke dalam band score 1 sampai 9. Pada tes writing dan speaking, tim penilai menentukan band  berdasarkan parameter-parameter tertentu yang mendeskripsikan kemampuan tiap peserta. Mekanisme penilaian dalam section ini lazim disebut band descriptors. Keseluruhan nilai yang diberikan pada penilaian IELTS adalah 0-9 dengan rincian berikut.

Band 0-1

Band 0 diberikan untuk peserta yang tidak datang dan tidak hadir dalam tes. Band 1 adalah nilai yang diberikan untuk peserta level non-user skill. Nilai ini diberikan untuk peserta yang dianggap tidak bisa menggunakan bahasa Inggris kecuali beberapa kata saja.

Band 2

Nilai ini merupakan nilai untuk peserta level intermittent user skill. Peserta dengan level skill semacam ini mengalami banyak kesulitan dalam memahami dan berbicara dalam bahasa Inggris.

Band 3

Band ini diberikan keapda tingkat extremely limited  user skill level. Peserta dalam level ini merupakan peserta yang bisa memahami dan menyampaikan sesuatu dengan Bahasa Inggris dengan beberapa kesalahan.

Band 4

Peserta dengan skill level ini dianggap cukup bisa memahami perkataan dalam bahasa Inggris dalam situasi yang biasa. Namun, sering mengalami kendala dalam urusan memahami ekspresi. Ketika dihadapkan pada suatu kalimat yang panjang dan kompleks, peserta dengan skill tingkat ini masih sulit memahaminya.

Band 5

Peserta dengan band 5 merupakan modest user skill level. Peserta dengan tingkat ini dianggap memiliki dasar bahasa Inggris yang baik. Hal ini terbukti dari kemampuannya memahami beberapa kalimat yang agak kompleks. Namun, mereka terkadang juga membuat kesalahan.

Band 6

Band 6 adalah peserta dengan competent user skill level. Peserta di level ini adalah orang-orang yang cukup paham bahasa Inggris. Mereka bahkan memahami kalimat-kalimat yang kompleks. Namun, kosakata yang terbatas membuatnya seting menggunakan kata yang tidak tepat dan sering menimbulkan kesalahpahaman.

Band 7

Band 7  biasanya didapat oleh orang-orang yang memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik. Mereka mampu memahami kalimat kompleks dengan baik. Peserta di level ini merupakan good user skill level. Sayangnya, peserta dalam level ini kadang masih melakukan ketidakakuratan.

Band 8

Peserta dengan skill level ini merupakan very good user skill. Peserta di level ini memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang sangat baik. Ia bisa memahami kalimat kompleks dengan sangat detail. Mereka juga tidak lagi dianggap gagap jika dihadapkan pada situasi yang asing. Namun, beberapa kesalahan kecil juga dilakukan olehnya kadang-kadang.

Band 9

Skor ini merupakan skor untuk expert  user skill. Penerima skor ini sudah tidak diragukan lagi kemampuannya dalam berbahasa Inggris. Ia dianggap sebagai orang yang fasih, akurat, dan pandai dalam bahasa Inggris karena bisa menunjukkan pemahaman yang lengkap pada setiap kata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *