Categories
Tips dan Trik

Begini Tips Buat Kamu yang Ingin Mulai Menumbuhkan Minat Baca!

Pastinya kamu pernah membaca kabar kalau minat baca orang Indonesia itu rendah? Apakah kamu benar-benar sudah memverifikasi kebenarannya? Data dari Most Littered Nation In the World, sebuah studi untuk mencari tahu seberapa tinggi minat baca masyarakat di berbagai belahan dunia menunjukkan bahwa Indonesia menduduki peringkat 60 dari 61 negara soal minat baca.

Penelitian ini memakai berbagai indikator, antara lain jumlah pengunjung perpustakaan, peredaran surat kabar, pemerataan pendidikan, dan ketersediaan komputer. Meningkatkan minat baca masyarakat memang gampang-gampang susah. Semakin dewasa dan semakin matangnya pola pikir, kita tentu akan semakin memahami pentingnya membaca buku. Maka dari itu, ketika kamu mulai menunda membaca, langsunglah patahkan dengan “Just Do It”. Buat kamu yang baru ingin menumbuhkan hobi membaca, ada tips yang bisa kamu terapkan nih.

Baca Genre Buku atau Penulis yang Kamu Sukai

Pastinya ada satu genre bacaan tertentu yang kamu sukai dan gampang kamu pahami. Dengan menyukai satu genre bacaan tertentu, kamu pasti akan bersemangat untuk membaca tulisan lain dengan topik atau genre yang sama. Kamu bisa juga membaca semua buku dari penulis yang kamu sukai agar kamu semakin mengenalnya. Buatlah list bacaan dari genre tertentu atau penulis tertentu untuk kamu baca setelahnya.

Membuat Target Membaca

Buatlah target jumlah buku yang ingin kamu selesaikan dalam satu periode tertentu. Misalnya, kamu ingin menyelesaikan 3 buku dalam seminggu atau 10 buku dalam satu bulan dan berapa buku dalam setahun. Namun, jangan paksa dirimu membaca terlalu banyak buku tapi kamu tidak bisa menangkap substansinya. Buatlah target yang sesuai dengan kemampuanmu dan alokasi waktumu.

Mulailah Menulis Resensi Buku

Salah satu cara mengingat isi buku yang telah kamu baca adalah dengan membuat resensi bacaan. Seperti kata Pramudya Anata Toer “menulis adalah bekerja untuk keabadian”. Membaca adalah caramu memahami sudut pandang orang lain. Menulis adalah caramu menyampaikan sudut pandangmu dan mengabadikannya.

Berdiskusi dan Bergabung dengan Komunitas Membaca

Bergabung dengan komunitas membaca adalah salah satu cara agar kita tetap semangat membaca. Dengan berdiskusi dengan orang-orang di komunitas literasi kamu akan terus tergerak membaca berbagai buku dan mendapatkan banyak insight dari para anggota komunitas itu. Bahkan kamu bisa melakukan kegiatan yang bermanfaat untuk menggiatkan literasi masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *