Categories
Tips dan Trik

Pertanyaan Esai yang Biasa Muncul dalam Laman Aplikasi Beasiswa

Pada laman aplikasi beberapa beasiswa, kamu akan diminta mengisi beberapa pertanyaan mengenai studi S2 yang akan kamu jalani. Karakter dan kalimat dalam kolom aplikasi biasanya terbatas sehingga perlu kecermatan dan ketelitian dalam mengisi esai. Menjawab esai sebenarnya gampang-gampang susah. Hal ini tergantung apakah kita sudah punya tujuan yang jelas dalam memilih studi kita atau belum. Untuk mempermudah menjawab pertanyaan, ada baiknya kita mengetahui kata kunci yang harus kita sampaikan dalam setiap kolom aplikasi. Pihak pemberi beasiswa tentu akan melihat poin-poin penting yang kamu tulis dalam kolom pertanyaan tersebut. Berikut adalah beberapa poin esai yang sering muncul dalam laman aplikasi beasiswa.

Negara Pilihan Studi

Pertanyaan kenapa kita memilih satu negara tertentu untuk studi pasti akan selalu muncul dalam beberapa aplikasi beasiswa. Pertanyaannya bisa berupa “Why do you want to study in ….?”. Untuk menjawab ini, kamu perlu memahami beberapa hal. Pertama, bagaimana perkembangan ilmu yang akan kita pelajari di negara tersebut? Apakah perkembangan bidang yang kamu pelajari di negara tersebut lebih baik dari negara lain sehingga kita akan mendapatkan keuntungan? Kedua, hubungkan perkembangan ilmu tersebut dengan rencana masa depan kita. Apakah manfaatnya bisa membantu kita mewujudkan rencana masa depan? Nah, mungkin kita juga punya rencana lain yang tidak berhubungan dengan tujuan akademis kita di negara pilihan kita. Hal tersebut tidak perlu kamu sampaikan dalam kolom laman aplikasi beasiswa. Jawablah dengan alasan akademik untuk membuktikan kita sungguh-sungguh ingin belajar disana.

Skill dan Pengetahuan yang Didapat

Memahami bidang ilmu yang ingin dipelajari mutlak diperlukan oleh setiap pelajar terutama calon awardee beasiswa. Pahami bidang ilmu yang akan kamu pelajari sedalam mungkin tapi sampaikan dengan sesederhana mungkin. Caranya adalah dengan memperbanyak baca artikel penelitian, terutama di bidang yang akan kita pelajari. Cara selanjutnya adalah dengan melihat website jurusan yang akan kamu masuki. Beberapa kata kunci dan referensi bisa kamu pakai untuk menjelaskan jawabanmu dalam kolom pertanyaan ini.

Permasalahan yang Pernah Dihadapi

Lewat pertanyaan ini, pemberi beasiswa sebenarnya hanya ingin tahu bagaimana caramu menyelesaikan dan menghadapi masalah. Kamu bisa menjelaskan masalahmu yang berkaitan dengan pekerjaan, organisasi, dan kehidupan akademikmu sebelumnya. Pihak pemberi beasiswa akan menilaimu berdasarkan bagaimana kamu memecahkan masalah, cara-cara yang kamu ambil, bagaimana kualitas kepemimpinanmu, dan lain sebagainya. Sebaiknya kamu sampaikan masalah atau tantangan yang pernah kamu hadapi yang berkaitan dengan bidang ilmu yang kamu ambil. Apabila tidak ada, pilihlah kasus yang agak relevan.

Kontribusi yang Akan Diberikan Usai Kuliah

Beasiswa biasanya diberikan kepada individu yang siap memberikan kontribusi dan perubahan pada bangsa/ pihak pemberi beasiswa. Meskipun tidak ada persetujuan hitam di atas putih, pihak pemberi beasiswa akan mengetes komitmenmu lewat pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Kontribusi yang diberikan usai studi bisa berupa konsep yang telah kamu pikirkan sebelumnya. Kamu harus mempertimbangkan semuanya setelah melihat semua kondisi yang ada. Ini bisa dilakukan jika kamu sudah bergelut lama di bidangmu. Jika kontribusi yang ingin diberikan sudah berjalan dan kamu tinggal melanjutkannya, itu tidak akan jadi masalah. Poin penting dari pertanyaan ini adalah manfaat penelitian kita dan hubungannya dengan kontribusi yang akan diberikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *