Categories
Tips dan Trik

3 Langkah Sederhana Memulai Persiapan Beasiswa

Pernahkah kamu membaca informasi aplikasi beasiswa dan merasa tidak punya waktu untuk menyiapkan karena tenggat pendaftarannya semakin dekat? Nah, hal ini biasanya terjadi karena kamu tidak sempat melakukan persiapan-persiapan kecil. Padahal, persiapan sekecil apapun akan sangat berguna nantinya untuk membantu meringankan persiapan besar. Sebelum terlambat, yuk mulai persiapkan langkah-langkah sederhana buat kamu yang ingin memulai berjuang menjadi scholarship-hunter!

Kumpulkan Informasi Sebanyak-Banyaknya!

Menemukan beasiswa yang cocok dengan latar pendidikan dan ketertarikan kita adalah hal yang cukup sulit. Beberapa orang bahkan tidak bisa memahami informasi beasiswa yang dibacanya. Oleh karena itu, yuk mulai cari informasi sebanyak-banyaknya dari sekarang. Subscribe website dan berlangganan newsletters adalah salah satu cara yang pas untuk mendapatkan informasi. Saat membaca informasi, jangan lupa catat persyaratan penting yang dibutuhkan, bidang ilmu yang mereka cari apakah cocok dengan latar belakangmu. Semakin membaca banyak informasi, semakin mudah jalanmu menemukan beasiswa yang cocok untuk latar belakang dan ketertarikanmu.

Saring Semua Informasi yang Didapat!

Nah, setelah mengumpulkan informasi sebanyak mungkin, kita akan sadar kalau tidak semua beasiswa cocok dengan latar belakang kita. Jika sudah tahu kalau kita tidak memenuhi persyaratan, kamu tidak perlu mendaftar beasiswa tersebut daripada buang-buang waktu dan tenaga. Sebagai panduan untuk mencari informasi, kamu bisa menuliskan poin-poin penting yang harus kamu temukan jawabannya dalam informasi beasiswa, seperti: apakah beasiswa ini untuk warga negara Indonesia?; apa persyaratan penting yang harus dipenuhi?; apakah kita harus mendapatkan LoA dahulu sebelum apply beasiswa ini?; bagaimana timeline aplikasinya? apakah kamu sanggup memenuhi persyaratannya dalam kurun waktu yang kamu punya?; dan sebagainya. Jika kamu sudah menemukan beasiswa yang sesuai dengan latar belakang dan kemampuanmu, catatlah dan fokus perjuangkan!

Penuhi Persyaratan yang Belum Terpenuhi!

Setelah tahu apa saja persyaratan yang harus kamu penuhi untuk mendaftar beasiswa, buatlah list lengkapnya. Beri tanda persyaratan yang sudah kamu miliki dan persyaratan yang bisa kamu siapkan atau perbaiki sambil jalan. Persyaratan yang sudah kamu miliki misalnya ijazah, foto, LoA, dan penghargaan yang pernah kamu dapatkan. Persyaratan yang bisa kamu siapkan dan perbaiki sambil jalan misalnya motivation letter, skor TOEFL, dan lain-lain. Jika kamu merasa perlu meralat motivation letter, kamu bisa memanfaatkan kurun waktu yang tersisa untuk memperbaikinya. Begitu juga dengan skor TOEFL/ IELTS, kamu bisa menyiapkan diri untuk mengikuti tes agar mendapatkan skor yang kamu inginkan dan memenuhi persyaratan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *