Categories
Beasiswa

Jangan Sampai Keterbatasan Jadi Penghalangmu Meraih Cita-Cita! Yuk Perjuangkan Beasiswa Afirmasi LPDP!!

Buat kamu yang punya keterbatasan, jangan patah semangat meraih mimpi ya! Pemerintah melalui Lembaga Pengelola Dana Keuangan (LPDP) menyiapkan Beasiswa Afirmasi untuk kamu yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang master/doktoral tapi punya keterbatasan.

Beasiswa Afirmasi adalah program beasiswa magister dan doktoral yang diperuntukkan bagi kelompok masyarakat yang perlu diberi kebijakan afirmasi dalam mendapatkan beasiswa.

Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) Afirmasi bertujuan memberikan kesempatan yang luas untuk kelompok masyarakat yang tidak dapat mengakses pendidikan untuk menempuh program master. Bidang keilmuan BPI Afirmasi disesuaikan dengan arah kebijakan pembangunan nasional dan kebutuhan pembangunan daerah.

Sasaran penerima BPI afirmasi adalah sebagai berikut

1. individu yang berasal dari daerah tertinggal,

2. alumni penerima bidik misi,

3. individu berprestasi tapi dari keluarga prasejahtera,

4. individu yang berprestasi dalam bidang olahraga, seni, dan keagamaan,

5. individu disabilitas,

6. individu berprestasi dalam olimpiade sains nasional dan internasional,

7. individu yang berprofesi sebagai PNS, TNI atau POLRI; serta lulusan pesantren.

Bidang keilmuan untuk BPI Afirmasi disesuaikan dengan arah kebijakan pembangunan nasional dan daerah. Sedangkan komponen biaya yang ditanggung adalah biaya pengayaan bahasa dan biaya studi. Nah, untuk alokasi biaya bagi kelompok masyarakat penyandang disabilitas biasanya ditetapkan berdasarkan kebutuhan.

Untuk proses pendaftaran Beasiswa Afirmasi dibagi menjadi 4 tahap yang terdiri dari seleksi administrasi, seleksi berbasis komputer, seleksi substansi, dan penetapan kelulusan.

Nah, apakah kamu salah satu kandidat yang pantas mendapatkan beasiswa Afirmasi LPDP?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *