Categories
Tips dan Trik

Mau Pilih Jurusan Kuliah? Sudah Pertimbangkan 5 Hal Berikut atau Belum?

Memilih jurusan kuliah memang gampang-gampang susah. Kamu tidak boleh mengikuti ego karena ada banyak hal yang harus kamu mempertimbangkan. Agar tidak salah langkah, yuk pertimbangkan beberapa hal berikut:

Sesuaikan dengan Minat dan Kemampuan!

Pastikan kamu memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakatmu ya. Jangan ikut-ikutan teman pilih jurusan hanya karena jurusan itu terlihat keren di matamu. Banyak pelajar yang gagal mengikuti perkuliahan karena tidak memilih jurusan yang sesuai minat dan kemampuan. Alhasil mereka tidak lulus tepat waktu atau bahkan harus DO dari kampus karena tidak mampu mengikuti perkuliahan.

Pertimbangkan Peluang Karir Kerja!

Selain memilih jurusan yang sesuai minat dan bakat, tidak ada salahnya kamu melihat prospek karir jurusan tersebut di masa yang akan datang. Hal ini penting karena setelah lulus nanti kamu harus mencari pekerjaan. Pihak perekrut tentu akan mencari pekerja yang sesuai kualifikasi mereka. Nah, memilih jurusan yang prospektif di masa depan juga perlu kamu lakukan.

Lihatlah Akreditasi Universitas dan Jurusan Kuliah!

Sebelum memilih kampus, ada baiknya kamu mengecek akreditasi jurusan di kampus yang kamu pilih. Tidak semua jurusan di kampus yang bagus memiliki akreditasi bagus dan tidak semua kampus yang dianggap kurang bagus memiliki akreditasi jurusan yang kurang bagus. Nah, ini pentingnya mengecek akreditasi jurusan sebelum kamu memilih kampus.

Lihat Mata Kuliah yang Diajarkan!

Hal ini sering luput dari perhatian kita. Dengan tahu mata kuliah yang diajarkan, kita akan lebih tahu bidang studi apa yang nantinya akan kita pelajari. Kita bisa memilih di jurusan mana dan kampus mana yang mata kuliahnya sesuai dengan keinginan kita.

Sesuaikan Bidang Studi yang Kamu Pilih dengan Kondisi Finansialmu!

Hal terakhir ini sangat penting kamu pertimbangkan kalau kamu tidak memakai jalur beasiswa. Tentu kamu tak mau kalau kuliahmu terhenti di tengah jalan karena terkendala masalah biaya kan? Pilihlah jurusan yang sesuai dengan kondisi kondisi finansialmu ya! Pastikan kamu telah mengecek  biaya yang akan kamu keluarkan di website kampus dan jurusan yang kamu pilih ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *