Categories
Tips dan Trik

6 Hal Sederhana yang Bisa Membantumu Meningkatkan Kemampuan Otak!

Rutinitas sehari-hari yang menyita waktu dan tenaga tentu tidak baik untuk otak yang gampang stres. Kita harus mencari cara agar otak bisa terus produktif tanpa mengesampingkan kesehatan mental. Bagaimana sih caranya meningkatkan kemampuan otak agar tetap produktif?

Sebenarnya ada banyak cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan fungsi otak. Menurut berbagai penelitian, makan ikan asin dan bermain game tertentu bisa membantu meningkatkan kemampuan otak. Sedangkan penelitian lain dari University of Pennsylvania in Philadelphia menyebutkan bahwa 6 kebiasaan berikut adalah kebiasaan sederhana yang akan membantumu meningkatkan kapasitas otak.

Olahraga rutin

Para ilmuan menyarankan untuk berolahraga rutin tiap harinya karena akan membantu meningkatkan kapasitas otak. Olahraga ringan selama paling tidak 10 menit setiap hari bisa meningkatkan daya ingatmu. Kamu bisa memulai dengan hal-hal ringan seperti berjalan kaki, bersepeda, atau lari-lari kecil.

Minum air secukupnya

Pasti banyak di antara kamu yang minum air putih cuma untuk menghilangkan rasa haus saja. Padahal kalau kamu minum rutin dan cukup kamu bakal merasakan khasiat, salah satunya adalah meningkatkan kapasitas otak dan kinerja fisik. Para dokter menyarankan orang dewasa untuk minum air putih minimal 8 gelas satu hari agar tubuh dan otak terhidrasi dengan baik.

Istirahat cukup

Mengistirahatkan tubuh dan otak bisa membantu mempertajam ingatan. Maka dari itu, sangat disarankan kita untuk istirahat cukup. Jika kualitas tidur kita kurang optimal, bagian dalam otak yang mengolah proses penerimaan informasi akan terhambat.

Cukupi asupan gizi penting

Makan makanan bernutrisi merupakan alternatif untuk meningkatkan daya ingat pada otak. Sebuah survei menunjukkan bahwa makanan tertentu bisa berkontribusi untuk meningkatkan fungsi sirkuit dari otak yang mengatur daya ingat. Makanan yang baik dikonsumsi adalah makanan yang berserat dan kaya antioksidan dan bervitamin seperti buah-buahan.

Baca buku, bukan sosial media!

Bagi beberapa orang mungkin suka membaca buku dan beberapa orang tidak menyukai karena bikin ngantuk dan membosankan. Padahal menurut penelitian, semakin banyak membaca akan membantumu meningkatkan kapasitas otak. Sebagian dari kamu pasti lebih suka membaca gadget daripada buku. Nah, mulai sekarang bacalah informasi bermanfaat di gadget yuk, kurangi membaca sesuatu yang tidak penting di sosial media.

Lakukan pekerjaan tersulit tiap pagi

Beberapa orang menyarankan untuk melakukan pekerjaan tersulit tiap pagi, yakni saat otak kita sedang dalam kondisi segar dan punya daya konsentrasi yang baik. Pilahlah pekerjaan yang dirasa paling sulit setiap harinya di pagi hari dan pekerjaan yang lebih mudah setelah pekerjaan tersulit kamu selesaikan.

Kalau menurut kamu, apa saja nih kegiatan yang biasa kamu lakukan untuk membantu meningkatkan kemampuan otak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *