Categories
Wawasan Umum

4 Jenis Tes TOEFL Ini Wajib Kamu Bedakan Biar Tak Salah Kaprah!

Ada macam-macam tes TOEFL dan salah satunya sering digunakan di Indonesia, yaitu paper-based, computer based test, internet based, dan computer-based. Ketiga tes tersebut bisa digunakan sebagai tolok ukur syarat masuk kampus, dan mengukur kemampuan berbahasa Inggris.

Ada juga TOEFL yang diselenggarakan oleh Institutional Testing Program untuk siswa berkemampuan bahasa Inggris tingkat intermediate dan advanced.

Keempat jenis tes tersebut memiliki perbedaan, baik secara struktur, rentang waktu, dan batasan skor minimum.

Yuk, simak perbedaan 4 jenis tes TOEFL berikut, biar kamu tak salah kaprah!

1. TOEFL PBT (Paper Based Test)

Jenis tes TOEFL ini paling banyak diselenggarakan di institusi pendidikan, tempat les, dan lembaga bahasa khusus. Untuk mengikuti tes ini, kamu cukup hadir dan menjawab soal yang dicetak. Waktu pengerjaan biasanya sekitar 3 jam. Soal terdiri dari soal listening, structure, written expression, reading, dan writing

2. TOEFL CBT (Computer Based Test)

CBT adalah salah satu jenis tes TOEFL yang menggunakan komputer dan software khusus. Materi dalam tes ini meliputi listening, structure, reading, dan writing. Durasi untuk mengerjakan adalah sekitar 4 jam. Peserta akan mengerjakan soal berupa readingm structure, listening, dan writing dengan software yang sudah terinstal di komputer. Usahakan kerjakan soal ini dengan cermat karena kamu tidak bisa mengubah jawaban soal yang sudah terlewat. Tes TOEFL jenis ini sudah tidak terlalu digemari karena tergantikan oleh tes IBT.

3. TOEFL IBT (Internet Based Test)

Tes ini biasanya popular di akhir tahun 2005, menggantikan computer-based dan paper-based, tapi tanpa sesi structure. Sesuai dengan namanya, untuk mengerjakan tes ini kamu membutuhkan komputer dan jaringan internet sebagai pendukung. Waktu untuk mengerjakan biasanya sekitar 4 jam. Materi yang harus kamu kerjakan adalah listening, structure, reading, dan writing.

4. TOEFL ITP (Institutional Testing Program)

Tes jenis ini diselenggarakan oleh perguruan tinggi atau institusi bahasa Inggris terpercaya. Soal yang diujikan tetap berpatokan pada model soal internasional. Karena jenis TOEFL ini tidak terlalu diakui secara internasional, kamu harus mencari tahu apakah kampus pemberi beasiswa menerima TOEFL ITP atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *