Categories
Tips dan Trik

7 Hal Wajib yang Harus Kamu Cantumkan dalam Motivation Letter!

Motivation letter merupakan tulisan sepanjang kurang lebih satu halaman yang menjadi syarat wajib mendaftarkan beasiswa atau ke program sarjana/pascasarjana di luar negeri.

Motlet berisi uraian singkat mengenai siapa kita, apa tujuan hidup kita, bagaimana latar belakang pendidikan kita, harapan setelah melanjutkan studi setelah melanjutkan studi pada universitas yang dipilih.

Kalau kamu menganggap bahwa motlet hanya berkas pelengkap, kamu harus mengubah pemikiran itu dari sekarang. Motlet adalah salah satu hal penentu yang akan menentukan apakah kamu terpilih atau gagal sebagai penerima beasiswa.

Apa saja yang sebaiknya dimasukkan dalam motlet?

7 hal berikut harus kamu masukkan dalam motivation letter:

1. Informasi pribadi

Informasi pribadi adalah informasi yang sesuai dengan keadaanmu. Jangan mengada-ngada karena jika penyeleksi beasiswa membuktikan kebenarannya, kemungkinan status awardee-mu akan dicabut atau bahkan diblacklist.

2. Pendidikan dan kualifikasi

Menulis kualifikasi pendidikan juga penting. Jangan terlalu sombong dan merendah saat menulis kualifikasi diri. Kamu harus menjelaskan apa kelebihanmu tapi dengan bahasa yang lebih mudah diterima.

3. Pengalaman kerja

Jika sudah punya pengalaman kerja, sangat penting kamu menjelaskan kaitan pekerjaan kamu dengan bidang ilmu yang akan kamu pelajari.

4. Minat dan prestasi

Dengan menunjukkan minat disertai dengan alasan yang kuat kamu bisa memperlihatkan kalau kamu bersungguh-sungguh. Kamu juga bisa juga menambahkan cerita tentang pencapaian prestasu di bidang yang telah ditekuni.

5. Keterampilan

Keterampilan ini berfungsi sebagai pendukung atas apa yang akan kamu pelajari di masa depan. Jika ingin mempelajari hal tertentu, minimal kamu harus memiliki keterampilan dasar kan?

6. Mengapa kamu harus belajar di tempat yang kamu pilih tersebut

Kamu harus punya alasan yang kuat mengapa memilih beasiswa dan universitas tersebut. Sampaikan secara jelas alasan dan ketertatikanmu memilih bidang studi tersebut.

7. Rencana masa depan

Penting menulis kontribusi apa yang ingin kamu lakukan nantinya. Rencana yang benar-benar memiliki efek penting dalam kemajuan sebuah komunitas atau masyarakat luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *