Categories
Tokoh Inspiratif

Lulus dengan IPK 2,7, Begini Cerita Ridwan Kamil Studi di US sampai Jadi Gubernur Jawa Barat!

Ridwan Kamil atau yang akrab disapa Kang Emil saat ini mungkin sedang jadi pokok perbincangan karena berhasil terpilih menjadi gubernur Jawa Barat periode 2019-2024 mendatang.

Keahliannya sebagai arsitek telah membuat banyak orang berdecak kagum. Ia telah meraih sejumlah penghargaan karena prestasinya.

Ridwan Kamil meraih gelar insinyur di Institut Teknologi Bandung pada usia 24 tahun dan melanjutkan pendidikan masternya di University of California, Berkeley, Amerika Serikat dengan beasiswa.

Perjuangan Ridwan Kamil selama bertahan hidup di Negeri Paman Sam bisa dibilang sangat berat. Ia sempat bekerja part time sambil kuliah.

Bagi Ridwan sendiri, pengalaman jatuh bangun hidupnya membentuk nilai-nilai tersendiri tentang betapa kerasnya perjuangan hidup selama di negeri Paman Sam.

Pada tahun 2002 ia kembali ke Indonesia dan mendirikan Urbane, sebuah perusahaan konsultan perencanaan, arsitek, dan desain.

Ia juga sempat menjadi dosen ITB sebelum terpilih menjadi walikota Bandung pada tahun 2013 dan gubernur Jawa Barat di tahun 2019.

Ridwan Kamil mengaku kalau kuliah di Indonesia lebih susah daripada di luar negeri. Sewaktu lulus dari ITB, ia hanya memperoleh indeks prestasi 2.7, sedangkan saat kuliah master di Amerika, ia bisa lulus dengan indeks prestasi 3.9.

Kang Emil sudah membuktikan dengan IPK rendah saja bisa Kuliah ke Luar Negeri. Keren ya^^

Siapa nih yang mau ngikutin jejak Ridwan Kamil?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *