Begini Cara Mendapatkan Beasiswa ke Luar Negeri dengan IPK Rendah!

Memiliki IPK jelek bukanlah akhir dari perjalanan akademikmu. Beberapa awardee beasiswa membuktikan bahwa mereka bisa mendapatkan beasiswa jenjang master meskipun IPK rendah.

Bagaimana sih caranya?

1) Aktif dalam organisasi dan komunitas!

Aktif dalam organisasi dan komunitas!

Di sinilah kamu bisa menginvestasikan waktumu untuk sesuatu yang bermanfaat. Dengan ikut komunitas kamu juga bisa melatih keterampilan lainnya. Hal ini yang nantinya akan jadi nilai lebih saat kamu melamar kerja dan mendaftar beasiswa.

2) Bekerja dan beri kontribusi di tempat kerja!

Bekerja dan beri kontribusi di tempat kerja!

Kebanyakan beasiswa mensyaratkan adanya pengalaman kerja paling tidak 2 tahun. Oleh karena itu, carilah tempat kerja yang tepat. Berilah kontribusi di tempat kerjamu agar kamu nantinya mudah dalam menyiapkan keperluan seperti recommendation letter dan lain sebagainya.

3) Rajin melatih keterampilan!

Rajin melatih keterampilan!

Sebisa mungkin alokasikan waktumu sebaik-baiknya. Ketika kamu bekerja selama 8 jam per hari, kamu masih bisa memakai sisa waktumu untuk belajar keterampilan lain seperti bahasa asing. Setiap beasiswa pasti punya kriteria khusus untuk aplikannya. Pelajari baik-baik apa yang diinginkan oleh pemberi beasiswa agar kamu bisa menyesuaikan dengan pengalamanmu selama kuliah atau bekerja.

4) Jangan pantang menyerah!

Jangan Pantang Menyerah

Nah kalau kamu ditolak satu beasiswa, jangan pantang penyerah, terapkan prinsip “rejected-waited-prepared-applied”. Setiap orang pasti punya keunikannya sendiri. Kalau kamu punya IPK jelek, bukan berarti kamu tidak bisa meningkatkan kapasitasmu dalam hal lain. Kamu hanya memerlukan usaha yang lebih keras dari yang lain.

Selamat mencoba! 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *