Pernah Tak Naik Kelas Saat SD, Rhenald Khasali Bisa Selesaikan Pendidikan Doktornya di Amerika Serikat!

 

Rhenald Khasali sekali lagi membuktikan bahwa cita-cita dan semangat yang tinggi akan mengantarkan kita menuju perubahan.

Renald Khasali adalah guru besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Ia merupakan seorang akademisi dan praktisi bisnis asal Indonesia.

Pria berusia 58 tahun ini merupakan salah satu ahli bedah bisnis dalam bidang iklan dan pemasaran. Rhenald menyelesaikan pendidikan master dan PhD di University of Illinois at Urbana, Champaign, Amerika Serikat.

Rhenald juga telah menulis sejumlah buku best seller yang cukup digemari oleh para pebisnis dan mahasiswa Indonesia.

Pernah Tak Naik Kelas Saat SD, Rhenald Khasali Bisa Selesaikan Pendidikan Doktornya di Amerika Serikat!

Rhenald Khasali adalah seorang akademisi dan praktisi bisnis Indonesia yang telah menulis sejumlah buku best seller untuk para pebisnis maupun mahasiswa.

Di balik kesuksesannya, pria ini telah melewati fase hidup yang cukup berat. Ia pernah tidak naik kelas saat kelas 5 SD karena nilai pelajaran bahasa Indonesia.

Saat SMA, ia mengalami kendala ekonomi sehingga kesulitan untuk mendaftar kuliah. Ia hanya punya uang 10.000 untuk membayar formulir. Sebagai pertimbangan, Rhenald memutuskan mengambil program studi di jalur IPS, yaitu di bidang ekonomi.

Untuk menutupi biaya kuliah, ia bekerja sebagai guru les privat SD. Setelah lulus kuliah ia beruntung karena mendapatkan beasiswa untuk kuliah ke University of Illionis, Urbana Champaign, Amerika Serikat.

Setelah lulus PhD, ia memantapkan dirinya berkarir sebagai dosen. Banyak prestasi dan penghargaan yang telah ditorehkan oleh Rhenald, antara lain ia dinobatkan sebagai dosen terbaik, diberi amanah sebagai komisaris utama PT Angkasa Pura, penghargaan Satya Lencana Karya dari presiden RI, dan Alice & Charlote Biester Award.

Wah Pak Rhenald yang dulu pernah tidak naik kelas dan punya kesulitan finansial aja bisa sukses dan menginspirasi, masa kamu ga bisa?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *