Kuliah Sambil Ngamen, Begini Cerita Sandhy Sandoro Selama Kuliah di Jerman!

 

Siapa sangka dibalik kesuksesannya sebagai penyanyi papan atas Indonesia, Sandhy Sondoro dulunya harus bekerja keras untuk membiaya kebutuhan kuliahnya di negeri orang.

Musisi berprestasi kelahiran 44 tahun silam ini dulunya memulai karir musiknya di Jerman. Sandhy lahir dari keluarga yang mencintai musik.

Sandhy ke Jerman untuk kuliah di FH Biberach an der Rib. Karena tidak sanggup dengan mahalnya biaya kuliah di kampus sebelumnya, Sandhy pun memilih kampus swasta, tepatnya di ILS-Hamburg. Sandhy mengambil jurusan interior design dan lulus di tahun 1998.

 

Kuliah Sambil Ngamen, Begini Cerita Sandhy Sandoro Selama Kuliah di Jerman!

Sandhy Sandoro ternyata harus bekerja keras saat kuliah di Jerman dengan mengamen, mencuci piring, menjadi pramusaji, sampai berjualan koran!

 

Sandhy berkuliah sambil bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Pekerjaan apapun ia jalani, mulai dari pencuci piring, pramusaji, tukang koran, dan pengamen.

Rupanya profesinya sebagai pengamen terus ia tekuni hingga lama-lama ia menjadi penyanyi kafe. Ia juga sempat mengikuti ajang pencarian bakat di Jerman dan tampil di festival-festival musik.

Meskipun sudah lama berkarir di dunia musik, tak mudah orang-orang Jerman mengakui kemampuan orang Asia, termasuk Indonesia. Namun, Sandhy tak gampang menyerah.

Ia terus mengasah kemampuan bernyanyinya hingga pada tahun 2009 ia memenangkan kompetisi menyanyi di Latvia. Pada tahun 2017, ia membuktikan prestasinya lagi, ia berhasil menjuarai kompetisi internasional lagi di Rusia.

Waah, siapa nih yang mau mencontoh perjuangan Sandhy Sondoro?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *