Yuk Kenal Lebih Dekat dengan Sri Mulyani Indrawati! Orang Asia Pertama yang Menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia!

 

Sri Mulyani Indrawati adalah salah satu wanita Indonesia yang namanya sering diperbincangkan karena prestasinya. Wanita kelahiran Tanjung Karang, Lampung ini adalah anak ketujuh dari sepuluh bersaudara.

Dari kecil Sri Mulyani bersekolah di Lampung. Setelah SMA, ia baru pindah ke Semarang. Saat lulus SMA, Sri Mulyani kuliah di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia dan lulus di tahun 1986 dengan predikat lulusan terbaik.

Setelah lulus sarjana, ia bekerja di Lembaga Penelitian Ekonomi dan Masyarakat dan asisten peneliti di FE UI.

Hal ini yang membuatnya ditawari beasiswa S2 ke luar negeri. FE UI menawari beasiswa S2 ke Birmingham tapi ia menolaknya.

Ia memilih tawaran beasiswa dari University of Illinois Urbana-Champaign di Amerika Serikat untuk melanjutkan program S2 dan S3 disana. Sri Mulyani menyelesaikan studinya bersama suaminya.

Yuk Kenal Lebih Dekat dengan Sri Mulyani Indrawati! Orang Asia Pertama yang Menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia!

Lulus S1 dari FE UI, Sri Mulyani bekerja di lembaga penelitian sebelum akhirnya ditawari beasiswa untuk kuliah ke Inggris dan US.

Hidup serba pas-pasan tak membuatnya menyerah pada keadaan. Bahkan ia mengatakan pernah menjual mobil untuk membantu biaya pendidikan suaminya.

Hebatnya, Sri Mulyani bisa menyelesaikan gelar master dan doktornya selama 4 tahun!

Sepulangnya ke Indonesia ia ditunjuk sebagai menteri dan beberapa jabatan strategis di pemerintahan. Wanita dengan tiga orang anak ini juga pernah ditunjuk sebagai gubernur pelaksana Bank Dunia.

Ia adalah wanita dan orang Asia pertama yang menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia loh! Keren ya?

Berkat sepak terjangnya, ia dinobatkan sebagai menteri terbaik di dunia dari World Government Summit. Ia juga dinobatkan sebagai wanita paling berpengaruh ke-2 di Indonesia versi majalah Globe Asia, dan wanita paling berpengaruh ke-23 di dunia versi majalah Forbes!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *